Mari kita mulai dengan teori sebelum kita masuk ke spesifikasi motor dinamo / blower AC yang rusak. Blower (kipas unit interior) adalah salah satu komponen AC tipe split. Komponen ini diposisikan di unit interior dan bertanggung jawab untuk sirkulasi udara di evaporator. Udara luar ditarik masuk dan diproses melalui evaporator untuk didinginkan sebelum dibuang ke dalam ruangan.
Blower (kipas interior) memiliki penampilan tabung bersirip. Karena sistem blower beroperasi dengan menggunakan gaya sentrifugal pada kipas, maka dalam istilah teknis disebut sebagai kipas sentrifugal. Motor listrik / dinamo menggerakkan blower.
Rotasi blower bervariasi; semakin cepat revolusi, semakin cepat udara bertiup. Akibatnya, perpindahan panas dari udara ke evaporator akan lebih cepat, menyebabkan udara ruangan menjadi lebih cepat dingin.
Jika refrigeran cair mencapai kompresor, itu akan sangat berbahaya. Bagian kompresor yang terkena percikan cairan refrigerant akan cepat dingin. Menurut fisika, jika suatu zat dipanaskan atau didinginkan dengan sangat cepat, struktur material berubah dan menjadi rapuh. Hal ini juga akan terjadi pada kompresor yang dipanaskan yang kemudian terciprat dengan cairan pendingin. Komponen kompresor akan mendingin dengan cepat dan menjadi rapuh, sehingga masa pakainya terbatas.
AC Split kini menyertakan fitur keselamatan untuk mencegahnya. Jika blower tidak berputar, sistem (bagian modul/PCB) akan mengenalinya dan mematikan sistem secara total. Hal ini dilakukan untuk mencegah refrigeran cair masuk ke kompresor.
Kenapa Blower AC Split Tidak Berputar? Apa Penyebabnya?
Pertukaran panas tidak akan terpengaruh jika blower tidak berputar. Akan ada balok es di evaporator (tumpukan es). Refrigeran (freon) di evaporator tidak mendapatkan panas yang cukup untuk diubah menjadi uap, memungkinkan refrigeran cair mencapai jalur hisap kompresor.
Saat AC dihidupkan, blower tidak berputar; namun, memutarnya dengan tangan menyebabkannya berputar.
Ini menunjukkan bahwa kapasitor di motor rusak. Masalahnya dapat diselesaikan dengan mengganti kapasitor dengan yang baru.
Sesuaikan nilai kapasitor dalam kaitannya dengan aslinya; biasanya, kapasitas untuk AC di bawah 1pk adalah 0,9 mikro.
Ada juga nilai 1.2micro. Nilai kapasitor masing-masing motor harus disesuaikan.
Ini mungkin disebabkan oleh korosi pada motor lacer serta kapasitor yang lemah.
Jika ini terjadi, bongkar motor dan bersihkan laser dengan pengencer atau oli pelumas agar putaran motor kembali normal.
Alasan lain motor tidak berputar adalah karena sambungan kabel yang rusak.
Periksa semua jalur motor; jika ada kabel yang rusak, perbaiki dengan cepat dan pasang kembali seperti sebelumnya.
Jika prosedur sebelumnya gagal mengatasi masalah, gunakan multimeter untuk menguji motor blower; jika tahanan belitan tidak menunjukkan nilai yang benar, motor tidak berjalan atau terbakar.
Jika ini terjadi, Anda harus mengganti motor dengan yang baru.
Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab motor pada AC split indoor macet; mungkin, informasi ini informatif.
Comments
Post a Comment